Minggu, 22 Desember 2013

Cara - cara Meningkatkan Kinerja Otak Kanan

Sebelum bicara mengenai cara-caranya, anda perlu tau keterkaitan otak kanan dalam kehidupan sehari-hari itu apa saja. Otak kanan itu berkaitan dengan kreatifitasan, kemampuan dalam bermusik, melukis, imajinasi, menggambar, dan memori jangka panjang. Ingatan akan lebih bertahan lama jika menggunakan otak kanan. Untuk dapat mengingat lebih baik perlu melatih otak kanan agar berfungsi optimal.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kinerja otak kanan
 
Gunakan Tangan Kiri anda untuk beraktifitas
Latihlah tangan kiri anda untuk melakukan aktifitas yang dilakukan tangan kanan. Kecuali di saat makan, kalau saat makan harus menggunakan tangan kanan. Cara ini berguna untuk menyeimbangkan saraf-saraf motorik yang akan berakibat otak kiri dan kanan bisa seimbang. 
 
Mendengarkan Musik
Musik adalah indah dan sarat dengan seni. Musik menjadi aktualisasi dari ungkapan perasaan yang sukar diungkapkan dengan kata-kata dan hanya bisa diungkapkan melalui lirik-lirik lagu. Orang dengan otak kanan yang kuat sangat suka menikmati keindahan musik. Musik adalah makanan orang-orang kanan, tentu saja adalah musik yang selalu menggelorakan semangat dan penuh ide-ide brilian bukan musik yang mendayu-dayu dan lirik-lirik lagu mellow yang sangat menyayat hati. Bisa kita lihat para pemain musik seperti penyanyi dan pencipta lagu adalah orang yang kuat otak kanan nya.
 
Bercerita
Orang yang kuat otak kanannya biasanya ia senang bercerita, Karena bercerita membuat beban – beban pikiran yang ada pada dirinya terluapkan. Maka dari itu bercerita juga penting untuk meningkatkan kinerja otak kanan. Apabila ada masalah tidak diutarakan malah diselatnkan(dipendam) maka akan berakibat kejiwaannya bisa terganggu (stress)
 
Kritis
Salah satu cara meningakatkan kinerja otak kanan dengan cara berfikir kritis. Orang yang kritis (suka bertanya) akan cenderung mencari solusi yang tepat dari permasalahan yang sedang dihadapi. Sehingga otak diminta untuk berfikir kreatif.
 
Mengasah Bakat
Suatu cara melatih otak kanan lainnya yang sangat praktis  adalah dengan melakukan hal yang kita sukai atau hobi kita. Secara tidak sadar ketika kita melakukan hobi maka tidak akan pernah terjadi kebosanan pada diri kita. Kita akan senang dan sukarela melakukannya walaupun banyak sekali tantangan dan bahkan beaya yang kita keluarkan. Demi hobi bahkan orang rela mengorbankan sebagian waktu untuk menekuninya. Hobi ini sangat potensial melatih otak kanan karena sangat berkaitan erat dengan kreatifitas. Dengan menekuni hobi, biasanya hidup kita akan bertambah semangat dan ada spirit baru. Contoh hobi yang dapat mengasah otak kanan : mendaki gunung, memancing, bermain game online, jogging dan lain sebagainya.
 
Humor
Dapat kita lihat di sekitar kita orang-orang yang selalu ceria adalah orang yang suku humor dan becanda. Orang yang kuat otak kanannya selalu berfikir kedepan, menggali ide-ide baru dan menyukai tantangan. Kadang jika sedang merasakan suatu kebosanan atau sedang dihadapi tantangan yang cukup berat, maka untuk sekedar menjaga spirit, humor adalah pelampiasan orang-orang yang kuat otak kanannya. Guyonan segar dan humor dapat membuat kita rileks sebentar dari rutinitas yang cukup melelahkan. Berbeda dengan otak kiri yang sering mengeluh jika menghadapai masalah maka humor adalah cara cerdas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar